Count visitor

Sabtu, 14 April 2012

Kombinasi Bahan Ajar Cetak dengan Bahan Ajar Audio Visual


    
          Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahna yang di maksud bisa bberupa bahan tertulis maupun tidak tertulis.
        Menurut Bernd wied enmann, 1994 dalam buku lernenn mit bild medien mengelompokan bahan menjadi tiga besar. Pertama Auditif yang menyangkut radio, kaset, piringan hitam. Kedua yaitu visual yang  menyangkut Flipchart, gambar, film bisu, video bisu, program computer , bahan tertulis dengan dan tanpa gamar. Ketiga yaitu audio visual yang menyangkut berbicara dengan gambar, pertunjukkan suara dan gambar, film atau video.
Secara umum bahan ajar dikelompokkan menjadi lima , yaitu :
     Bahan  cetak seperti buku,modul ,lembar kerja siswa,model atau maket. Bahna ajar visual seperti video, gambar atau foto. Bahan ajar dengar seperti kaset,dan piring hitam.
Sebuah bahan ajar paling tidak mencakup beberapa hal, yaitu :
    Petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung, latihan-latihan,petunjuk kerja ,dapat berupa lembar kerja  dan evaluasi.
    Beberapa mata pelajaran sering tidak dianggap penting oleh siswa ,bahkan guru.  Hal ini terlihat dari jennies bahan ajar yang dipakai dalam penyampaian materi. Guru lebih cendrung memakai satu jenis bahan ajar yaitu dalam bentuk cetak seperti buku. Hal seperti itu tidak cukup kreatif atau tidak mampu menarik minat untuk lebih menyukai suatu materi pemebelajaran . padahal kita semua tahu,materi pembelajaran tersebut sangatlah penting diberikan kepada murid, contohnya pelajaran Kewarganegaraan. Sangat penting  murid-murid tahu akan negaranya sendiri, tahu bagimana bersikap basikap sebagai warga negar yang baik, dan itu semua tidak cukup diajarkan hanya lewat buku saja tetapi harus dinampakkan dalam suatu sikap yang nyata, dan digambarkan dalam kehidupan yang nyata agar dapat diaplikasikan oleh siswa dalam kehidupannya sehar i-hari. 
Sebagai contoh dalam materi “Persamaan kedudukan warga negar dalam berbagai aspek kehidupan”.selain dapat diberika dalam bentuk abhan ajar cetak seperti buku dan LKS,materi ini bisa juga disajikan dalam bentuk powerpoint,penayangan video yang menggambarkan kedudukan warga Negara dalam kehidupan sehari-hari. Penggabungan dua jenis bahan ajar ini bisa meningkatkan minat siswa dalam mempelJri negaranya. Dan apabila minat siswa sudah tinggi dan otomatis minat belajarnya pun akan meningkat.


     Eka Ananda Putrid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar