Bahan ajar
adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur
dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahna yang di maksud bisa bberupa
bahan tertulis maupun tidak tertulis.
Menurut Bernd
wied enmann, 1994 dalam buku lernenn mit bild medien mengelompokan bahan
menjadi tiga besar. Pertama Auditif yang menyangkut radio, kaset, piringan
hitam. Kedua yaitu visual yang
menyangkut Flipchart, gambar, film bisu, video bisu, program computer ,
bahan tertulis dengan dan tanpa gamar. Ketiga yaitu audio visual yang
menyangkut berbicara dengan gambar, pertunjukkan suara dan gambar, film atau
video.
Secara umum bahan ajar dikelompokkan menjadi lima , yaitu :
Bahan cetak seperti buku,modul ,lembar kerja
siswa,model atau maket. Bahna ajar visual seperti video, gambar atau foto.
Bahan ajar dengar seperti kaset,dan piring hitam.
Sebuah bahan ajar paling tidak mencakup beberapa hal, yaitu
:
Petunjuk belajar,
kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung, latihan-latihan,petunjuk
kerja ,dapat berupa lembar kerja dan
evaluasi.
Beberapa mata
pelajaran sering tidak dianggap penting oleh siswa ,bahkan guru. Hal ini terlihat dari jennies bahan ajar yang
dipakai dalam penyampaian materi. Guru lebih cendrung memakai satu jenis bahan
ajar yaitu dalam bentuk cetak seperti buku. Hal seperti itu tidak cukup kreatif
atau tidak mampu menarik minat untuk lebih menyukai suatu materi pemebelajaran
. padahal kita semua tahu,materi pembelajaran tersebut sangatlah penting
diberikan kepada murid, contohnya pelajaran Kewarganegaraan. Sangat
penting murid-murid tahu akan negaranya
sendiri, tahu bagimana bersikap basikap sebagai warga negar yang baik, dan itu
semua tidak cukup diajarkan hanya lewat buku saja tetapi harus dinampakkan
dalam suatu sikap yang nyata, dan digambarkan dalam kehidupan yang nyata agar
dapat diaplikasikan oleh siswa dalam kehidupannya sehar i-hari.
Sebagai contoh dalam materi “Persamaan kedudukan warga negar dalam berbagai aspek kehidupan”.selain dapat diberika dalam bentuk abhan ajar cetak seperti buku dan LKS,materi ini bisa juga disajikan dalam bentuk powerpoint,penayangan video yang menggambarkan kedudukan warga Negara dalam kehidupan sehari-hari. Penggabungan dua jenis bahan ajar ini bisa meningkatkan minat siswa dalam mempelJri negaranya. Dan apabila minat siswa sudah tinggi dan otomatis minat belajarnya pun akan meningkat.
Sebagai contoh dalam materi “Persamaan kedudukan warga negar dalam berbagai aspek kehidupan”.selain dapat diberika dalam bentuk abhan ajar cetak seperti buku dan LKS,materi ini bisa juga disajikan dalam bentuk powerpoint,penayangan video yang menggambarkan kedudukan warga Negara dalam kehidupan sehari-hari. Penggabungan dua jenis bahan ajar ini bisa meningkatkan minat siswa dalam mempelJri negaranya. Dan apabila minat siswa sudah tinggi dan otomatis minat belajarnya pun akan meningkat.
Eka Ananda Putrid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar